Jumat, 09 September 2011

Tradisi Unik Lebaran Hari ke - 7


Ada beragam tradisi digelar warga untuk memperingati lebaran hari ke 7 atau lazim disebut dengan lebaran ketupat. Di Jember, Jawa Timur, warga menggelar pawai kereta pegon. Pawai ini cukup unik, dimana ratusan warga beramai-ramai menaiki puluhan pedati berhias janur kuning menuju pesisir pantai. Pawai diakhiri dengan makan ketupat bersama-sama yang sangat identik dengan suasana lebaran hari ke 7.

Pawai pegon ini merupakan salah satu tradisi warga yang tinggal di kawasan pesisir selatan kota Jember untuk menandai lebaran hari ke 7 atau lebaran ketupat.

Pegonpun berhias beragam ornamen yang terbuat dari janur kuning. Tak lupa para kusir juga mengajak serta seluruh anggota keluarganya untuk naik keatas gerobak dan berkeliling melintasi jalan-jalan desa. Pegon dengan nama lain cikar atau pedati, merupakan alat transportasi dengan tenaga sapi sebanyak penariknya. Alat transportasi tradisional ini biasa digunakan untuk mengangkut hasi pertanian.

Pawai pegon keliling desa ini merupakan tradisi warga yang sebagian besar berprofesi seagai petani dan digelar setiap setahun sekali bertepatan dengan lebaran hari ketujuh atau lebaran ketupat.

Pawai ini juga untuk melestarikan keberadaan pegon yang kini semakin terpinggirkan dan kalah bersaing dengan alat transportasi moderen. Pawai ini berakhir di kawasan pantai selatan Watu Ulo. Sambil menanti sapi-sapi beristirahat, para peserta arak-arakan melanjutkan tradisi makan ketupat bersama-sama

Sumber: indosiar.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More