Minggu, 21 Agustus 2011

Wow, ternyata Mobil Transparan Beneran ada

MICHIGAN, KOMPAS.com - Pontiac Deluxe Six boleh jadi salah satu mobil klasik paling keren di dunia lantaran tampilannya yang tembus pandang (transparan). Semua bagian dalam kendaraan bisa dilihat dari semua sudut pandang.

Mobil transparan ini merupakan salah satu dari tiga unit yang dibikin oleh GM untuk kepentingan pameran dunia pada 1939 dan 1940. Pertama kali dipajang pada event New York World's fair dan kemudian di Smithsonian Institution. Biaya produksinya ketika itu luar biasa mahal 25.000 dollar Amerika (sekarang Rp212 juta) dan menggunakan bahan plexiglass.

Sekarang, Pontiac Deluxe itu akan dilelang oleh rumah lelang Rm St. John's di Michigan dengan harga awal 308.000 dollar AS atau Rp2,6 miliar. "Ini satu-satunya yang diketahui dan konsisinya masih sangat asli," ungkap Alain Squindo, spesialis mobil dari rumah lelang.

Tak ada yang tahu, sudah pindah tangan ke mana saja mobil ini. Yang diketahui, sejak 1980 Pontiac dimiliki oleh keluarga yang sama sampai kini. "Mereka agak sedih melihat mobil kesayangannya pergi," jelas Alain.

Menariknya, mobil ini memiliki jam terbang sangat minim. Bayangkan, ketika mobil dijemput dari dealer lain, indikator pada km menunjukkan angka kurang dari 160 km.

Pontiac ini layak disebut proyek bersama GM dengan Rohm & Hass, perusahaan kimia yang membuat plexiglass.

Gambar:






0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More