Kamis, 25 Agustus 2011

Inilah Hewan Dengan Kulit Yang Transparan

Hewan-hewan transparan dan sebening kaca berikut ini, ditemukan dari berbagai belahan dunia..

1. Katak transparan



Asli dari Venezuela, Katak Kaca milik keluarga amfibi Centrolenidae (order Anura). Sementara warna latar belakang umum dari kebanyakan katak kaca berwarna hijau limau, binatang ini mempunyai kulit perut transparan, sehingga jantung, hati, dan saluran pencernaan yang terlihat melalui kulit.

2. Kepala ikan transparan



Aneh ini dalam ikan air disebut Barreleye (Macropinna microstoma) memiliki kepala dan tubular mata. Hal ini sangat sensitif terhadap cahaya mata yang dapat memutar, perisai berisi cairan di kepalanya, sedangkan mata tubular ikan, baik di dalam kepala, yang dibatasi oleh lensa hijau terang. Titik mata ke atas (seperti yang ditunjukkan di sini) saat ikan mencari makanan di atas kepala. Mereka menunjuk ke depan ketika ikan menyusu. Dua titik di atas mulut ikan tidak mata: mereka adalah organ penciuman disebut nares, yang analog dengan hidung manusia.

3. Kupu-kupu transparan



Ditemukan di Amerika Tengah, dari Mexico ke Panama, Glasswing Butterfly (Greta Oto) adalah sebuah kuas-footed sayapnya kupu-kupu mana. Jaringan di antara urat-urat sayapnya tampak seperti kaca.

4. Cumi Transparan



Ditemukan di belahan bumi selatan samudera, Glass Squid (Teuthowenia pelusida) memiliki organ cahaya pada mata dan memiliki kemampuan untuk menggulung menjadi bola, seperti landak laut. Ini adalah mangsa dari banyak ikan laut dalam (misalnya hiu goblin) serta ikan paus dan kelautan burung laut.

5. Transparan Zebrafish



Tembus ini zebra diciptakan pada tahun 2008 oleh para ilmuwan sehingga mereka dapat mempelajari proses penyakit, termasuk penyebaran kanker. Ikan yang transparan memungkinkan para peneliti di Children’s Hospital Boston untuk langsung melihat organ-organ internal ikan dan mengamati proses seperti pertumbuhan tumor secara real-time dalam organisme hidup.

6. Ikan Icefish Transparan



Ditemukan di kedalaman air es di sekitar Antartika dan bagian selatan Amerika Selatan, ikan icefish buaya (Channichthyidae) memangsa krill, copepods, dan ikan lain. Darah mereka transparan karena mereka tidak memiliki hemoglobin dan/atau hanya tidak adanya eritrosit (sel darah merah). Metabolisme mereka bergantung satu-satunya kepada oksigen yang dilarutkan dalam darah cair, yang diyakini diserap langsung melalui kulit dari air. Ini bekerja karena air dapat melarutkan zat asam arang pada umumnya pada titik terendahnya. Dalam lima spesies, gen untuk myolobin di dalam otot juga telah lenyap, menjadikan mereka memiliki jantung yang berwarna putih alih-alih pink. (Foto oleh uwe kils)

7. Amphipod Transparan

Dinamakan Phronima, hewan yang tak biasa ini satu dari sekian banyak spesies aneh yang belakangan ditemukan dalam ekspedisi barisan pegunungan laut dalam di Atlantik Utara. Dalam strategi ironis untuk bertahan hidup, makhluk seperti udang kecil ini, menunjukkan segala sesuatu yang dipunyai, dalam dan luar, dalam sebuah usaha untuk menghilang. Banyak makhluk-makhluk kecil laut dalam lain yang transparan juga, atau mendekati, untuk menyembunyikan diri mereka lebih baik dalam lingkungan mereka yang gelap, demikian kata ilmuwan. (Foto oleh David Shale)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More